Rabu, 18 Agustus 2010

TV LED 3 Dimensi mulai dipasarkan

SURABAYA - SURYA- Kehadiran televisi berteknologi LED 3D diprediksi mendominasi pasar dalam 2-3 tahun mendatang. Saat ini pasar masih banyak dikuasai televisi jenis CRT (TV tabung) dan LCD.

Product Marketing Flat Planel Display PT LG Electronics Indonesia (LGEI) Lie Dewi Srijati mengatakan, penetrasi TV jenis LED memang masih kecil, apalagi sekarang hadir teknologi LED 3D.

“Bagi pasar high-end yang merupakan segmen TV LED 3D kehadirannya mendapat sambutan cukup bagus,” kata Dewi, di sela Infinia Roadshow di Tunjungan Plaza, Rabu (28/7).

LG kali ini menghadirkan TV LED 3D tipe LX9500 ukuran 55 inci (Rp 55 jutaan) dan 42 inci (Rp 25 jutaan). Harga ini termasuk kacamata 3D yang seharga 125 dolar AS (Rp 1.125.000).

Penjualan TV LED 3D di Surabaya ditargetkan terjual 50 unit sampai 2010. “Untuk menggeser TV tabung ke LCD saja butuh waktu bertahun-tahun, lalu LCD ke LED juga baru berjalan. Sekarang sudah ada LED 3D,” ujarnya.

Booming LED 3D ini diperkirakan 2-3 tahun lagi. Alasannya, untuk booming, sebuah teknologi harus didukung oleh ekosistem pasar. Saat ini, film 3D masih sangat sedikit. Bahkan channel TV lokal yang menyiarkan acara dengan gambar 3D belum ada.

Branch Manager LGEI Surabaya Iwan Sutanto menambahkan, dalam pameran ini transaksi penjualan ditargetkan Rp 5 miliar.

“Kita ada dua kali roadshow. Untuk 28 Juli-1 Agustus di TP dan 4-8 Agustus di Supermal Pakuwon Indah,” katanya.

Di Jatim, pangsa pasar TV LED masih sangat kecil. Ada 9.000 unit TV LCD semua merek yang beredar di Jatim, LG mengklaim bisa menguasai 28 persennya.

TV LED 3D butuh waktu untuk benar-benar diterima pasar. Faktor kesulitan utama terkait harga. Harga TV LED 3D 1,5 kali lebih mahal dibanding TV LCD.

Public Relations and Marketing Event Manager PT Hartono Istana Teknologi, pemegang merek Polytron, Santo Kadarusman menambahkan, Polytron akan mengeluarkan LED November 2010.

“Kita lihat trennya ke sana. Semua produsen TV mulai penetrasi ke sana. Responsnya cukup bagus. Sedang untuk produk LED 3D baru kita launching kuartal I/2011,” pungkas Santo.n ame

Sumber : www.surya.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar